Home Ekbis Pengiriman Sapi dari TTS Keluar Daerah Hampir Mencapai Kuota

Pengiriman Sapi dari TTS Keluar Daerah Hampir Mencapai Kuota

155
0
SHARE

Soe, terasntt.com — Pengirim Sapi dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) keluar daerah hampir mencapai kuota. Pengiriman ini sesuai dengan keputusan gubernur dan hal hal teknis diatur oleh Dinas Peternakan Propinsi NTT.

Demikian dikatakan Kepala Dinas  Peternakan dan Kesehatan Hewan TTS Benyamin Billi ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (12/11/2018) terkait pengiriman sapi keluar daerah dengan tujuann seperti DKI Jakarta, Samarinda dan  Banjarmasin.

Menurutnya kuaota pengiriman sapi keluar daerah tahun ini mencapai 19.000 ekor dan sampai saat ini sudah 18.500 terkirim dan itu dilakukan setiap dua minggu sekali.

Untuk melakukan pengiriman katanya harus ada hitungan beberapa aspek dari Dinas Peternakan propinsi yang tentu melihat potensi daerah masing-masing dan kuota dijaga agar tetap menjaga populasi ternak sapi.

Di NTT, TTS adalah daerah yang paling banyak melakukan pengiriman bersama kabupaten Kupang dan untuk stok tetap masih aman.

Ditanya apakah  pengiriman  sapi merupakan PAD lewat Dinas Peternakan, ia mengatan bahwa memang bagi hasil yang mana 30 persen  untuk propinsi dan kabupaten 70  persen namun itu langsung ke rekening daerah tapi tetap merupakan income daerah.

Sementara untuk kerjasama dengan pemda DKI sudah tidak jalan empat bulan karena harga ke Kalimantan lebih bagus dari Jakarta.(sys)

Berikan Komentar Anda.