Home Ekbis Perlu Kajian Dalam Pembangunan PLTsa Kota Kupang

Perlu Kajian Dalam Pembangunan PLTsa Kota Kupang

210
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Rencana Pembangunan Teknologi Tenaga Listrik Tenaga Sampah (PLTsa) sebagai tawaran alternatif dalam mengatasi permaslahan persampahan khususnya di tempat Pembuangan Akhir (TPA) perlu dilakukan kajian.

“Ada rencana kerjasama dalam pengembangan investasi energi terbarukan yakni PLTsa, tapi itu kita mesti mengkajinya terlebih dahulu,” kata Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore kepada wartawan di Kupang.

Selain perlu dilakukan Kajian energi terbarukan ini, Kata Jefri, pemerintah juga harus terlebih dahulu membicarakan hal ini bersama DPRD Kota Kupang.

“Sebab ini merupakan sesuatu yang strategis dan besar,” ujar Jefri.

Sementara itu, Kepala Dinas LHK Kota Kupang, Obed Kadji sebelumnya mengatakan, banyak perusahan besar di Jawa yang bergerak dalam bidang kelistrikan energi baru terbarukan akan bekerjsama dengan PLN, yang memberikan peluang untuk melakukan kerjasama dengan Dinas LHK pemanfaat sampah menjadi PLTsa.

Dikatakan Obed, dengan teknologi yang lebih canggih dari perusahan ini, menawarkan kapasitas sampah yang dihasilkan 100 ton perhari, sedangkan sampah yang dihasilkan LKH Kota mencapai 200 ton perhari.

Dengan diterima tawaran tersebut, kata Obed, perusahan itu akan mempresentasikan model MoU kepada Walikota Kupang nantinya.

Obed berharap, rencana pengelolaan sampah dengan sistem teknologi baru terbarukan dapat terlaksana.

“Karena dengan sistem itu dapat mengatasi masalah persampahan di Kota Kupang,” demikian Obed. (raf)

Berikan Komentar Anda.