Home Politik Perpanjangan Pendaftaran Pilkada Picu Munculnya Calon Boneka

Perpanjangan Pendaftaran Pilkada Picu Munculnya Calon Boneka

1035
0
SHARE

Jakarta, CNN Indonesia — Perpanjangan pendaftaran pilkada selama tiga hari mulai 9 Agustus hingga 11 Agustus disinyalir memicu munculnya calon boneka. Hal ini biasanya terjadi ketika calon dengan posisi yang kuat kembali mendaftarkan diri untuk ikut pilkada selanjutnya.

Direktur Eksekutif Study For Indonesia Government Indepth (SIGI) Medrial Alamsyah mengatakan munculnya calon boneka dalam masa perpanjangan pendaftaran ini mungkin saja terjadi.

“Dengan diperpanjang mungkin saja ada calon boneka karena pasti akan ada lobi-lobi atau pendekatan-pendekatan antar partai politik,” kata Medrial saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (8/8).

Medrial menilai, jika calon-calon boneka benar bermunculan pada masa perpanjangan pendaftaran pilkada ini, demokrasi hanya menjadi mainan belaka Pilkada pun hanya jadi formalitas biasa. “Jadi sama saja tidak ada pilkada,” ujar dia.

Kehadiran calon tunggal di beberapa daerah ini kemungkinan terjadi karena kualitas partai politik di daerah tersebut kurang baik. Akibatnya, mereka tidak mampu menyodorkan calon yang mumpuni yang bisa bertahan dengan calon tunggal tersebut.

“Persoalannya partai politik kita tidak melakukan kaderisasi dan rekrutmen dengan baik. Sehingga semuanya sangat pragmatis. Yang dipertimbangkan hanya persoalan jangka pendek saja, ada calon dan asal dapat materi,” kata dia.

“Ini pukulan sebetulnya buat partai berarti mereka gagal melakukan kaderisasi.”

Berikan Komentar Anda.