Home Daerah Plan Internasional Kawal Program Akte Kelahiran Menuju Anak Indonesia Hebat

Plan Internasional Kawal Program Akte Kelahiran Menuju Anak Indonesia Hebat

211
0
SHARE

Soe, Terasntt.com – Akte kelahiran adalah hal krusial dalam memenuhi kebutuhan hak dasar anak. Berdasarkan data Plan, sekitar 75 persen dari 53 juta anak indonesia yang belum tercatat bahkan meningkat 77,5 persen pada tahun 2016.

Menyadari hal ini, demi mewujudkan anak indonesia yang hebat, Yayasan Plan Internasonal bekerjasama dengan propinsi NTT melakukan pencatatan bagi anak di TTS dengan melauching website pelayanan akte kelahiran.

Kegiatan tahunan sejak 2016 tersebut dilaksanakan rabu (06/06/2018) bertempat dihotel Bahagia II.

Hadir dalam acara tersebut adalah Jajaran Pengurus Yayasan Plan InternasonalIndonesia ,Disdukcapil,YSSP Soe dan peserta lainnya dari berbagai desa.

Menurut Nasional project manajer mekanisme perlindungan anak berbasis masyarakat, Plan Internasional Hadi Sadewo mengatakan, ketiadaan akte kelahiran dapat menghambat anak untuk memperoleh pelayanan. Karena itu, pihaknya menggunakan pendekatan lokal berbasis masyarakat.

“Agar bisa terjadi sistem pelayanan mandiri serta yang terpenting adalah memberikan edukasi kepada masyarakat, kaum muda tentang kependudukan dan masalah legal lainnya,” ujarnya.

Sementara, Kadis dukcapil mengapresiasi program tersebut meskipun pihaknya sempat membuat program JEBOL untuk melayani masyarakat dari desa ke desa. Namun, kemampuan pihaknya terbatas karna luas wilayah TTS serta personil yang terbatas.

Sehingga Kata dia, lewat kerjasama ini diharapkan dapat membantu untuk Disdukcapil dalam melaksanakan kegiatan pencatatan.

“Tanpa akte, maka bayi yang dilahirkan akan kehilangan identitas,” sebtnya. (Sys)

Berikan Komentar Anda.