Home Daerah PMPB – PLAN Indonesia Gelar Workshop  Implementasi Sekolah Aman Bencana

PMPB – PLAN Indonesia Gelar Workshop  Implementasi Sekolah Aman Bencana

178
0
SHARE

Soe, terasntt.com — Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) memiliki wilayah yang sangat luas dan rawan bencana. Ancaman bencana seperti tanah longsor, kekeringan dan lainnya bisa  menimbulkan kerugian baik material maupun non material.

Sektor pendidikan misalnya tidak luput dari kerugian ketika terjadi bencana baik itu kerusakan sarana dan prasarana hingga gangguan proses belajar mengajar karna itu perlu jaminan dari sekolah terhadap warga belajar.

Atas dasar itulah PMPB NTT bekerja sama dengan Yayasan PLAN Indonesia melaksanakan  kegiatan workshop penulisan tentang implementasi program sekolah/madrasah aman bencana.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (14/06/2019).

Adapun peserta yang hadir berasal  dari Kementerian Agama, BPBD, Dinas P3A, Dinas Sosial, Forum PRB dan PMPB NTT serta perwakilan beberapa  Sekolah Dasar.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan tulisan – tulisan tentang implementasi program sekolah/madrasah  aman bencana sebagai bahan advokasi di Kabupaten TTS dengan harapan tulisan tersebut disebarluaskan bagi khalayak luas  sebagai bagian dari penyebaran informasi tentang sekolah aman bencana.

Koordinator PMPB NTT Sepryanto  Pelokila pada kesempatan itu mengatakan, bahwa pengurangan bencana di TTS sendiri sudah banyak dilakukan oleh pemerintah guru bahkan siswa sendiri namun masih sebatas konsumsi sendiri sehingga lewat praktek ini  bisa menjadi pelajaran yang menarik bagi siswa dan sebagai bekal untuk memahami kerja pengurangan resiko bencana.

Sementara itu Kadis PK Sepirius Edison  Sipa mengatakan, pendidikan adalah barometer dan sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh PMPB NTT dan Yayasan PLAN Indonesia terkait bagaimana anak sekolah aman dari bencana melalui sosialisasi dan pelatihan tentang sekolah/madrasah aman bencana.(sys)

Berikan Komentar Anda.