Home Nasional Presiden Jokowi Pesan Kepada Penerima Untuk Jaga Sertifikat Tanah Dengan Baik

Presiden Jokowi Pesan Kepada Penerima Untuk Jaga Sertifikat Tanah Dengan Baik

57
0
SHARE

Oelamasi,Terasntt.com,-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sebanyak 2.706 sertifikat  tanah kepada masyarakat  Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penyerahan sertifikat tanah  bagi masyarakat NTT itu digelar di halaman Kantor Bupati Kupang di Oelamasi, Rabu (21/8).

Dalam sambutannya, Jokowi  berpesan kepada seluruh penerima untuk menjaga sertifikat tanahnya dengan baik, dengan  memfotokopi dan memberi bungkus plastik sertifikat tersebut.

“Ya kalau tidak diberi plastik ini juga, kadang-kadang kalau gentengnya bocor, kena air, sertifikat rusak. Ini adalah tanda bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki, namanya sertifikat. Sekali lagi, ini adalah tanda bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki,” katanya.

Di hadapan masyarakat  penerima yang hadir dari beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi NTT tersebut, Ia menjelaskan  alasan pentingnya sertifikat dimiliki oleh setiap masyarakat pemilik lahan.Karena setiap dirinya  berkunjung ke daerah, sengketa tanah dan lahan sangat sering dikeluhkan warga kepada dirinya.

Untuk itu, Ia berpesan agar masyarakat bersikap bijak dan teliti jika ingin menggunakan sertifikatnya sebagai agunan atau jaminan untuk meminjam uang ke bank.

“Saya titip, tolong kalau mau pinjam ke bank itu dihitung dulu, dikalkulasi  secara baik, apakah nanti bisa bayar cicilannya atau tidak.Jika tidak bisa jngan pinjam uang ke bank,” Lanjutnya. Jika dikalkulasi bisa, maka dirinya meminta agar uang pinjaman bank  tersebut dapat digunakan untuk usaha. (Yon)

Berikan Komentar Anda.