Home Pendidikan Profesi Guru Sebagai Misi Hidup

Profesi Guru Sebagai Misi Hidup

44
0
SHARE

Oleh: Margarita D. I. Ottu, S.Pd, M.Pd.K
(Guru pada SMP Negeri 2 SoE)

HIDUPLAH dalam sebuah pengabdian sebagai suatu misi hidup”. Menjadi guru berarti menjadi pemburu dan pecinta ilmu. Guru ‘dipaksa’ untuk terus berolah pikir dalam mengembangkan ilmu.

Seorang berprestasi adalah harapan dunia pendidikan dan pilar tegaknya kemajuan bangsa. Memahami betapa pentingnya peran guru sebagai pilar membangun moral generasi muda bangsa, maka pribadi unggul pada idealisme guru dalam arti kemurnian pengabdian untuk mendidik adalah yang utama.

Guru berprestasi adalah yang mampu mengabdi dengan penuh ketulusan, yang rela mengorbankan waktu, tenaga dan pikirannya dalam mentransfer ilmunya kepada peserta didik.

Guru berprestasi adalah yang mampu melihat, mendengar, dan merasakan setiap kesulitan yang dihadapi anak didiknya. Guru tidak hanya mampu mengajar tetapi juga mampu mendidik dan memberi kasih sayang kepada anak didik. Dan guru berprestasi adalah yang mampu menjunjung tinggi profesionalitas dan kualitas pengajarannya sebagai pendidik bukan pada jabatan dan uang, tetapi pada orang yang mengerjakannya.

Karakter dan sikap mental yang terwujud dari sifaf, sikap dan perilaku yang termasuk dalam kategori positif yaitu jujur, percaya diri dan dapat dipercaya, rendah hati, tangguh, ulet, optimis, pantang menyerah dan disiplin.

Guru adalah cermin keteladanan bagi anak didiknya, maka pantulan segala bentuk prestasi, kelebihan, kemampuan, kecerdasan, kebijaksanaan, kasih sayang dan segala bentuk pemahaman kepada anak didik dengan penuh ketulusan dan kerendahan hati.

Dalam pengembangan diri, seorang guru tidak bisa hanya sekedar belajar teori – teori dalam ruangan yang terbatas, melainkan guru harus berpikir tentang hal – hal yang berkaitan dengan masalah – masalah dalam kehidupan sehari – hari, yang terpenting adalah bagaimana seorang guru harus berpikir secara mandiri, kreatif, inovatif dan berkualitas.

Seorang guru harus mampu melakukan sesuatu secara efektif, efisien dan produktif misalnya dalam hal belajar mengajar, mengembangkan kecerdasan anak didiknya dan mengembangkan profesionalitasnya.

Berikan Komentar Anda.