Home Olahraga Protes Israel Vs Argentina, Warga Palestina Ancam Bakar Jersey Messi

Protes Israel Vs Argentina, Warga Palestina Ancam Bakar Jersey Messi

247
0
SHARE

Yerusalem, Terasntt.com – Presiden federasi sepakbola Palestina, Jibril Rajoub, menyerukan untuk membakar foto dan jersey Lionel Messi. Itu imbas rencana uji coba Israel vs Argentina.

Argentina akan menghadapi Israel dalam laga uji coba di Stadion Teddy, Jerusalem, Minggu (10/6/2018) dinihari WIB. Rencana laga tersebut menjadi polemik untuk rakyat Palestina.

Hal tersebut tak lepas dari sengketa antara Palestina dan Israel soal Yerusalem. Sejauh ini Israel berencana menjadikan Yerusalem sebagai ibu kota, menyusul pengakuan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, terhadap kota itu sebagai ibu kota Israel. Kedutaan Amerika bahkan sudah dipindahkan ke sana bulan lalu.

Rajoub menuding Israel menggunakan laga ini sebagai alat politik. Apalagi, pertandingan awalnya dijadwalkan berlangsung di Haifa, namun otoritas Israel mengusulkan untuk dipindahkan ke Yerusalem.

“Pemerintah Israel telah mengubah pertandingan olahraga reguler menjadi alat politik. Seperti yang banyak dimuat di media Argentina, pertandingan itu sekarang dimainkan untuk merayakan ‘ulang tahun ke-70 Negara Israel’,” kata Rajoub seperti dikutip dari Reuters.

Aksi protes akan dilakukan Palestina dengan membakar foto dan jersey milik Messi. Rajoub menilai itu cara yang tepat mengingat Messi adalah simbol besar di sepakbola dunia.

“Dia adalah simbol besar sehingga kami akan menargetkannya secara pribadi dan kami meminta semua orang untuk membakar foto dan jerseynya, dan membuangnya. Kami masih berharap Messi tidak akan datang,” kata Rajoub di kesempatan yang berbeda seperti dikutip dari FourFourTwo.

Laga melawan Israel merupakan rangkaian pertandingan persahabatan Argentina jelang tampil di Piala Dunia 2018. Sebelumnya Albiceleste menang 4-0 melawan Haiti di laga uji coba.(detikcom/ran/cas)

Berikan Komentar Anda.