Home Nasional Puluhan Warga Papua Ditangkap Jelang HUT OPM

Puluhan Warga Papua Ditangkap Jelang HUT OPM

12
0
SHARE
Ilustrasi (CNN Indonesia/ Safir Makki)

Jakarta, terasntt.com — Kepolisian Resor Jayapura mengamankan 34 warga yang diduga berencana merayakan kegiatan terkait HUT OPM atau Organisasi Papua Merdeka, 1 Desember.

Kapolres Jayapura AKBP Viktor Mackbon kepada Antara mengatakan 34 orang itu diamankan Sabtu malam (30/11) sekitar pukul 22.00 WIT.

“Memang ada yang diamankan dan saat ini masih diperiksa penyidik di Mapolres Jayapura di Sentani,” ujar Mackbon, Minggu (1/12).

Mackbon belum bisa merinci lebih lanjut karena belum ada laporan tentang perkembangan dari pemeriksaan terhadap 34 orang tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara, 34 orang itu merupakan anggota dan simpatisan KNPB yang berencana merayakan HUT OPM 1 Desember.

Saat diamankan terdapat diamankan sejumlah barang bukti berupa seragam dan lambang KNPB, katapel, badik, sangkur dan parang.

Empat Warga Ditahan

Di tempat terpisah, Minggu (1/12), polisi menangkap dan menahan empat warga di Abepura, Papua, gara-gara memakai atribut atau ornamen Papua Merdeka.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan keempat warga tersebut melukis wajah mereka dengan motif lambang Bintang Kejora yang menjadi simbol gerakan Papua Merdeka.

Keempat pemuda itu sempat mengikuti ibadah di gereja. Polisi lantas meminta mereka keluar gedung gereja untuk kemudian dibawa ke Kantor Polsek Abepura yang berjarak sekitar 200 meter dari sana.

“Saya sudah perintahkan kepala Polres Jayapura Kota untuk mendalami kasus itu, untuk mengetahui apa rencana yang ingin mereka lakukan,” kata Waterpauw.

Dari hasil penangkapan, polisi menyita tiga bendera Bintang Kejora yang mereka bawa.

Karo Penmas Mabes Polri Brigadir Jenderal Argo Yuwono sebelumnya menyatakan kepolisian telah melakukan pemetaan terhadap daerah rawan konflik di Papua jelang HUT OPM.

Menurut Argo, hal itu dilakukan untuk menentukan perlu tidaknya penambahan pasukan dari luar Polda Papua untuk melakukan pengamanan di sana.

“Seperti apa kerawanannya, daerah mana, apa kerawanannya, kerawanannya seperti apa, masih diidentifikasi oleh intelijen,” kata Argo kepada wartawan saat ditemui di Jakarta, Jumat (22/11).

Polda Papua pun akan mengerahkan 1.300 personel untuk mengamankan wilayah Papua menjelang HUT OPM pada 1 Desember. Menurut Kapolda Papua Inspektur Jendral Paulus Waterpauw hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat setempat.

Ia menjelaskan pihaknya sudah bersepakat dengan Pemprov setempat untuk melarang segala bentuk kegiatan apapun dalam rangka memperingati HUT OPM itu.(cnn/gil)

Berikan Komentar Anda.