Home Politik Rapat Gabungan Komisi, Desak BKPP Bina Kadis Pariwisata TTS

Rapat Gabungan Komisi, Desak BKPP Bina Kadis Pariwisata TTS

36
0
SHARE

Suasana rapat gabungan komisi DPRD TTS/ foto erik sanu

Soe, terasntt.com — Rapat gabungan Komisi I dan II DPRD TTS mendesak BKPP memanggil dan membina kepala Dinas Pariwisata, Tian Tallo karena mempekerjakan ASN dan tenaga honor di rumah pribadinya. Prilaku Kadis ini ketika ditelusuri anggota Dewan sudah sering melakukan kesalahan.

Ketua Komisi I, Uksam Selan dalam rapat gabungan komisi bersama DKPP di ruang komisi setempat, Senin (3/12/2019) mendesak pihak BKPP segera memanggil Kadis Pariwisata untuk diberikan pembinaan.

” Saya sudah mencari tahu informasi terkait ASN dan tenaga honor yang dijadikan kuli oleh sang kadis sehingga harus ada klarifikasi dan jika itu benar maka harus diberikan pembinaan,” tegas Selan.

Ia juga sangat menyayangkan sikap kadis yang seenaknya mempekerjakan tenaga honor untuk kepentingan pribadi namun upahnya dibayar oleh APBD.

” Saran saya kalo bisa BKPP melakukan swiping bersama komisi I di beberapa objek wisata karena informasi yang diperoleh Dinas Pariwisata mencetak karcis lebih.
Pariwisata diharapkan jadi penyumbang PAD namun justru sebaliknya dan sebagai salah satu penyebab,” kata Uksam.

Uksam meminta BKD untuk segera memanggil Kadis Tian Tallo tanpa harus menunggu adanya laporan dari masyarakat.

” Saya sudah pastikan jika informasi oknum ASN dan tenaga kontrak yang dijadikan kuli oleh Kadis Tian Tallo itu benar,” ujarnya.

Ia juga menyoroti, tenaga kontrak di Dinas Pariwisata Kabupaten TTS yang tidak terdata di BKPP. Padahal menurutnya, para tenaga kontrak tersebut digaji menggunakan APBD.Oleh sebab itu, kedepan ia meminta agar seluruh tenaga kontrak wajib terdata di BKPP.

“Kalau data di BKPP tidak ada tenaga kontrak di Dinas Pariwisata, tetapi kenyataannya ada. Petugas tagih karcis di taman bu’at, air terjun oehala dan oetune itukan tenaga kontrak,” tuturnya.

Sementara itu anggota komisi I lainnya, Thomas Lopo menyebut tindakan Kadis Tian Tallo sebagai tindakan yang salah bahkan dirinya menyebut tindakan tersebut adalah tindakan kurang ajar.

” Dia itu (Tian Tallo )sering, bahkan berulang kali membuat masalah termasuk saat masih di Dinas Perhubungan sehingga ini harus jadi perhatian BKPP jangan tunggu ada laporan lagi,” ujar Lopo.

Diberitakan sebelumnya, Pegawai kontrak dan dua ASN pada Dinas Pariwisata Kabupaten TTS, Jumat (29/11/2019) pagi tertangkap basah sedang mengecor dek lantai dua rumah milik Kadis Pariwisata Kabupaten TTS, Tian Yosis Tallo di Kelurahan karang sirih, Kecamatan Kota Soe.

Oknum ASN yang minta namanya dirahasiakan itu mengaku dirinya diminta oleh Kadis Pariwisata lewat sambungan telepon seluler untuk membantu proses pengecoran lantai dua rumah sang Kadis.

Sebagai bentuk loyalitas ASN, dirinya pun mengikuti permintaan atasannya tersebut.

Rapat yang berlangsung ini dihadiri Sekretaris Komisi 1 Lusianus Tusalakh, anggota Thomas Lopo dan Dominggus Beukliu sedangkan Komisi II hadir Melianus Bana dan Semuel D.Y.Sanam sementara BKPP diwakili Kasi perencanaan formasi dan kesejahteraan pegawai, Toni Dapa serta Kabid pembinaan dan pengukuran kerja Maksi Lakapu.(sys)

Berikan Komentar Anda.