Sosialisaikan Hal Baik Penyandang Disabilitas, Handicap Gelar Workshop

Sosialisaikan Hal Baik Penyandang Disabilitas, Handicap Gelar Workshop

54
0
SHARE
Foto : Thomas Duran

KUPANG, Terasntt.com — Penyandang Disabilitas juga memiliki hak yang sama sebagai warga negara. Mereka juga perlu dilibatkan untuk menyampaikan aspirasi dalam musrenbang.

” Handicap tengah melakukan pendampingan terhadap penyandang disabilitas di Kelurahan Nunbaun Sabu (NBS), Nunbaun Dela (NBD) serta Oebobo, Kota Kupang, juga di Desa Mata Air, Noelbaki dan Oelatimo Kabupaten Kupang. Besok (Selasa -red) kita akan selenggarakan workshop di Hotel On The Rock untuk mensosialisasikan hal – hal baik bagi penyandang disabilitas. Hal baik ini perlu diangkat dan dipublikasikan agar diketahui masyarakat umum,” kata Deputi Proyek Manager Handicap International, Yoris Bela dalam jumpa pers di Kupang, Senin (11/9/2017).

Menurutnya hal – hal baik dimaksud antara lain ada kebijakan Pemerintah dalam hal ini Bappeda Kota mengeluarkan surat kepada semua kelurahan/ camat agar melibatkan disabilitas dalam musrenbang.

Workshop tersebut akan menghadirkan Kementerian Sosial, Dinas Kesehatan, Handicap Jakarta serta pihak Bappeda kota dan Provinsi NTT.

Menurutnya, Handicap Internasional menelorkan program advokasi perubahan untuk mendorong pemerintah paling bawa agar bisa melibatkan penyandang disabilitas dalam musrenbang

” Kami bermitra dengan Bengkel Apek untuk melakukan pendampingan di Kabupaten dan Kota Kupang dan berbicara tentang penyandang disabilitas tidak semuda membalikan telapak tangan tetapi harus menghadirkan mereka sebagai pembicara dalam musrenbang,” kata Bela.

Menurutnya menyandang disabilitas di Kotan Kupang mencapai 800 an orang. Dan khusus di Kelurahan NBS, NBD serta Oebobo masih dalam tahap pendataan.

” Yang sudah mendapat interfesi program kurang – lebih 100 orang. Kita mendorong agar penyandang disabilitasi dilibatkan dalam musrenbang dan juga kebijakan. Untuk itu kita memberikan pelatihan dan pendampingan. Dan Bengkel Apek berinisiasi melakukan pra musrenbang bagi disabilitas untuk menggali aspirasi sebelum musrenbang itu berlangsung,” katanya.(mas)

Berikan Komentar Anda.