Tanpa IMB, Ketua DPRD Minta Pemkot Tertibkan Bangunan Milik Balai Sungai

Tanpa IMB, Ketua DPRD Minta Pemkot Tertibkan Bangunan Milik Balai Sungai

142
0
SHARE
Foto : Istimewa

KUPANG, Terasntt.com – Menyusul pembangunan Kantor Satuan Kerja (Satker) Bendungan, Balai Sungai Wilayah II, Nusa Tenggara, tanpa Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kota Kupang, Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskial Loudoe dengan tegas meminta pihak Pol PP Kota Kupang segera menertibkan bangunan tersebut.

“Siapa saja yang membangun di Kota ini, harus menaati aturan. Mau bangunan kantor atau bangunan apapun haruS ada ijin mendirikan membangun tanpa kecuali,” kata Yeskial Loudoe kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Selasa, (5/11/2017).

Menurutnya, pihak Pol PP harus teGas menertiBkan bangunan tersebut, agar tidak menjadi preseden buruk bagi masyarakat. Untuk itu pemerintah lewat Pol PP harus bertindak tegas untuk menertipkan bangunan tersebut.

“Kalau pemerintah tidak menertipkan maka pemerintah dianggap gagal menerapkan aturan, jangan bangunan masyarakat saja yang ditertipkan tetapi bangunan pemerintah tidak. Tidak ada yang hebat di Kota ini dan siapa saja yang melanggar aturan harus ditertipkan, apalagi pihak Dinas PUPR Kota Kupang sudah melayangkan teguran secara lisan maupun lewat surat,” kata Loudoe.

Terpisah Kepala Sat Pol PP Kota Kupang yang dikonfirmasi media ini, mengaku, siap menertipkan bangunan milik Balai Sungai Tersebut. Hanya saja, sampai saat ini, pihaknya belum mendapat pemberitahuan dari Dinas Perijinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Kota Kupang, maupun Dinas PUPR Kota Kupang.

“Sampai saat ini belum ada pemberitahuan kepada kami. Saya baru mendengar soal bangunan balai sungai tanpa IMB dari bapak-bapak (wartawan) sekalian,” kata Dagang

Menurutnya, setelah mendapat kabar soal bangunan tanpa IMB tersebut, dirinya akan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait, sehingga jika benar bangunan tersebut tidak mengantongi IMB maka pihaknya akan bertindak tegas tanpa pandang bulu.

Sebelumnya, Sesuai pengakuan Kepala Dinas Perijinan Terpadu Satu Pintu (PPST) Kota Kupang, Thomas Balukh, dan Kabid Penataan Ruang, Dinas PUPR Kota Kupang, bahwa pembangunan gedung itu tanpa IMB. Bahkan pihak Bidang Penataan Ruang telah mengeluarkan surat teguran pertama kepada pihak Balai Sungai terkait pembangunan gedung tiga lantai tanpa IMB tersebut.

“Hari kami sudah mengeluarkan surat teguran pertama kepada pihak Balai Sungai II, terkait pembangunan Gedung tiga lantai di Jalan Piet A.Tallo, Kelurahan Oesapa Barat,” Kata Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Kota Kupang, Adi Mboeik kepada wartawan diruangkerjanya.

Adi mengaku sangat menyayangkan pembangunan gedung milik pemerintah tanpa melalui proses perijinan yang benar, karena pembangunan kantor milik pemerintah dengan konstruksi bangunan yang besar, seharusnya ada ijinnya (IMB).

“Sungguh sangat disayangkan, pembangunan sebesar itu tanpa ada IMB. Hingga saat ini kami belum menerima berkas permohonan ijin dari pihak balai sungai, sehingga kami perlu mengeluarkan surat teguran kepada mereka,” katanya.

Ketika disinggung apakah pembangunan itu melanggar tata ruang karena lokasinya berada disekitar Daerah Milik Sungai (DAS) di sekitar sungau Liliba, Adi mengaku, bahwa pihaknya belum bisa menentukan apakah pembangunan itu melanggar tata ruang atau tidak, sebab pihaknya beluma mendapat surat permohonan ijin dari pihak Balai sungai, dan pihaknya belum mengetahui dengan jelas letak lokasi pembangunan itu.

“Hanya saja yang kami ketahui bahwa pembangunan itu tanpa ijin dan kami telah mengeluarkan surat teguran pertama.”Jika teguran pertama tidak diindahkan, maka kami akan mengajukan surat teguran kedua hingga surat teguran ketiga. Jika surat teguran tidak diindahkan maka akan ada sanksinya,” kata Adi

Sementara Kepala Dinas Perijinan Terpadu Pelayanan Satu Pintu (PTPSP) Kota Kupang,Thomas Balukh, hingga saat ini pihaknya belum menerima permohonan perijinan membangun (IMB) dari pihak balai sungai wilayah II, sehingga dirinya sangat menyayangkan pembangunan seperti tanpa melalui perijinan. (raf)

Berikan Komentar Anda.