Home Pendidikan Teknik Mesin FST – Undana Gelar Tiga Kegiatan Besar

Teknik Mesin FST – Undana Gelar Tiga Kegiatan Besar

385
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Tahun 2018, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik Uiversitas Nusa Cendana menyelenggarakan tiga acara besar.

Tiga acara besar itu antara lain, Musyawara BKSTM (Badan Kerja Sama Teknik Mesin), SNTTM ( Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin), LNT-RBM (Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin) seluruh Indonesia.

Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) dari berbagai Jurusan/Prodi Teknik Mesin di Indonesia setiap tahun menyelenggarakan Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) serta Musyawarah Badan Kerja Sama Teknik Mesin.

Sejak 2011, kegiatan yang diselenggarakan oleh BKSTM tidak hanya melibatkan akademisi dan peneliti melalui SNTTM dan Musyawarah BKSTM, akan tetapi juga melibatkan mahasiswa dalam Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin, yang tahun ini memasuki tahun ke-delapan.

Melalui lomba ini, diharapkan mahasiswa program sarjana bidang ilmu Teknik Mesin Indonesia dapat mengembangkan kemampuan perancangan dan inovasi-nya dengan mempertimbangkan aspek-aspek keteknisan yang sudah dipelajari di perkuliahan.

Keterlibatan mahasiswa dalam kompetisi yang membutuhkan ide-ide yang berguna bagi perkembangan teknologi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa berinovasi serta kepedulian mahasiswa terhadap kemandirian bangsa melalui teknologi.

Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin merupakan satu-satunya kompetisi yang diselenggarakan oleh BKSTM se-Indonesia, sehingga merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Di samping itu minat mahasiswa untuk lebih mendalami bidang keteknikmesinan diharapkan juga meningkat apabila mereka mampu menerapkan apa yang dipelajari menjadi sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Tentunya dukungan dan partisipasi aktif dari pimpinan Jurusan, Departemen atau Prodi untuk memotivasi mahasiswa di lingkungannya sangat diharapkan demi kesuksesan perlombaan ini.

Tujuan dari Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin VIII – 2018 ini adalah: Untuk lebih memperkenalkan Jurusan/Departemen/Program Studi Teknik Mesin kepada masyarakat luas, Sebagai sarana untuk menyalurkan ide atau inovasi dalam rangka memotivasi mahasiswa agar terus berkreasi dalam penyelesaian masalah-masalah terkait bidang keteknikmesinan, Sebagai sarana untuk menyiapkan talenta-talenta muda yang kompetitif dan siap bersaing dalam dunia kerja.Meningkatkan peran aktif mahasiswa dalam memajukan dan mengembangkan pengetahuan di bidang Teknik Mesin.

Sebagai sarana silaturhimi di antara mahasiswa Teknik Mesin dari bebagai perguruan tinggi di Indonesia untuk menciptakan arus informasi mengenai bidang keteknikmesinan.

Tema Sentral

Sesuai hasil Rapat Anggota BKSTM 2017 yang dilaksanakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, pada tanggal 4 Oktober 2017, diputuskan bahwa tema sentral Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin VIII untuk tahun 2018 adalah “Alat Bantu Perikanan”. Sementara lingkup Perancangannya ruang lingkup perancangan mekanikal yang terkait dengan tema sentral di atas ditekankan pada sistem atau sub-sistem dari alat bantu perikanan yang digunakan sesuai kurikulum program sarjana bidang ilmu Teknik Mesin.

Ketua Lomba, Wenseslaus Bunganaen (dosen tetap Teknik Mesin, FST- undana) mengatakan bahwa Penjurian di lakukan dalam dua tahap yaitu Tahap Desk Evaluation (tahap I) yang terdiri dari 5 juri yang berasal dari 5 Universiatas (UNTAR, UNRAM,TRISAKTI, UNTAD, DAN UII), tim ini akan menentukan 10 besar yang akan mengikuti tahap Presentase (tahap II) yang dinilai oleh 4 tim juri yang terdiri dari 2 orang akademisi dan 2 orang praktisi termasuk salah satunya adalah Nelayan sebagai pengguna produk (konsumen).

Dalam tahap II ini termasuk penilaian Poster. 10 besar proposal yang lolos dalam seleksi tahap  I antara lain, ALAT BANTU PENINGKATAN PRODUKSI UDANG VANAME DENGAN MENURUNKAN SALINITAS AIR TAMBAK (UGM YOGYAKARTA), ALAT PEMBUAT PELLET IKAN SEBAGAI INOVASI PENINGKATAN MUTU DAN PRODUKSI IKAN (UII YOGYAKARTA), UNIK (UMPAN IKAN MEKANIK) (UNDANA), RANCANG BANGUN OWCSSYSTEM UNTUK KERAMBA JARING APUNG SUBMERSIBLE PADA WILAYAH OFFSHORE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS BUDIDAYA BARRAMUNDI (UNIVERSITAS BRAWIJAYA), “POND CLEANER ZAMAN NOW”( UNIVERSITAS LAMPUNG), “SAPU LENDOT” PEMBERSIH DASAR TAMBAK UDANG DAN EARASI SISTEM MICROBUBBLE TECHNOLOGY (UNIVERSITAS LAMPUNG), PADI “PANCING DISABILITAS”, (UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT), PERENCANAAN ALAT MONITORING PENCURIAN IKAN DAN MONITORING TERUMBU KARANG SEBAGAI HABITAT IKAN (UNIVERSITAS RIAU), PERANCANGAN GILL NET HAULER BERTENAGA PENGGERAK GYBRIT UNTUK KAPAL 5 -10 GT (UNIVERSITAS PANCASILA), IN-SAMM (INTRGRATED SHRIM LARVAE MANTENANCE MACHINE) RANCANG BANGUN KOLAM PEMELIHARAAN LARVA DENGAN KONTROL SUHU DAN DISOLVED OKSIGEN (DO) SERTA AUTOMATIC FEEDER GUNA MENINGKATKAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA UDANG (UNIVERSITAS BRAWIJAYA).

Perlombaan berlangsung di Hotel Swiss Belinn –Kristal Kupang pada tanggal 4 oktober 2018 dan pengumuman serta pembagian hadia pada tanggal 5 oktober 2018.

Yang menjadi peringkat pertama dalam lomba ini berasal dari Universitas Brawiaja dangan nama timnya SPRS-62, peringkat kedua diraih oleh UGM dengan nama tim SABUT dan Juara Tiga oleh Univeritas Lampung nama Tim SIGER. 7 kelompok yang lain sebagai juara IV (harapan) Dari semua kontestan diberi hadia sebagai dana Pembinaan yang bervariasi mulai dari juara I – VI.. Lomba Tahun depan berlangsung di Universitas Trisakti Jakarta. (*)

Berikan Komentar Anda.