Tindak Hakim Nakal, KY NTT Terima 22 Pengaduan Masyarakat

Tindak Hakim Nakal, KY NTT Terima 22 Pengaduan Masyarakat

218
0
SHARE
Foto : Thomas Duran

KUPANG, Terasntt.com — Sejak dilantik tahun 2014 anggota Komisi Yudisial (KY) perwakilan NTT menerima 22 pengaduan masyarakat terkait hakim nakat atau melanggar kode etik. Dari ke 22 kasus ini dua diantaranya tengah menjalani pemeriksaan.

Demikian disampaikan anggota komisioner KY NTT, Hedrikus Ara kepada wartawan di Hotel Amaris Kupang, Kamis (23/11/2017).

Didampingi dua rekanya, Yasten Lenggu dan Marten Salu juga perwakilan KY Pusat, Yonsi Apriantara, Kurniawan Deslianto dan Benedikta, Ara menjelaskan, bahwa umumnya kasus yang dilaporkan masyarakat itu adalah murni aduan.

” Dari ke 22 kasus tersebut dua diantaranya sedang diperiksa,” katanya.

Selain itu, lanjutnya ada juga laporan oknum istri hakim terkait kasus perselingkuhan yang melibatkan suaminya.

Selain itu ia menjelaskan, bahwa KY juga termasuk Lembaga Tinggi Negara setara dengan Lembaga Tinggi Negara lain, sebagai lembaga kode etik.

” Harapan kita agar media bisa mempublikasikan tentang fungsi pengawasan KY terhadap kode etik hakim kepada masyarakat umum. Hakim itu ibarat Tuhan di dunia,” katanya.

Sementara Jonsi menjelaskan, bahwa KY memiliki dua kewenangan dalam menjalankan tugas, yakni menyeleksi Hakim Agung dan menjaga serta menegakkan martabat kehormatan hakim. Dan juga tugas pengawasan terhadap hakim pada proses peradilan dan mengedukasi seluruh elemen secara umum.

” Gol yang ingin dicapai adalah pengadilan bersih,” ujarnya.(mas)

Berikan Komentar Anda.