Home Internasional Usai Insiden Crane, Musibah Kembali Landa Mekah

Usai Insiden Crane, Musibah Kembali Landa Mekah

2491
0
SHARE

Jakarta, CNN Indonesia — Setelah tragedi robohnya crane yang merenggut seratusan jiwa, serta kebakaran yang mengakibatkan terevakuasinya seribu lebih jemaah haji, Kota Mekah kembali dilanda musibah. Insiden terakhir ini, musibah yang melanda berupa tanah longsor.
Kejadian musibah menimpa pada kemarin malam waktu setempat, otoritas Saudi mengatakan tanah longsor menyebabkan bangunan berlantai empat di perbukitan Mekah di kawasan Batha Quraish runtuh. Runtuhannya melukai seorang pria dan wanitaSeperti dilansir dari pemberitaan kantor berita Reuters, otoritas pertahanan sipil Saudi langsung berencana melakukan investigasi terhadap kejadian ini.
“Dua orang korban terluka,” kata Reuters dalam laporannya. Saat ini penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui penyebab kejadian.
Sebelumnya, mengenai kenyamanan dan keamanan, Pemerintah Arab Saudi mengklaim telah menyiapkan sedikitnya seratus ribu personel keamanan untuk mengawasi pelaksanaan ibadah haji tahun ini.
Menurut Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Mayor Jenderal Mansour Al Turki, pelibatan personel keamanan dalam pelaksanaan ibada haji tahun ini mencakup polisi lalu lintas, pertahanan sipil darurat, tentara cadangan, penjaga nasional hingga unit elite pencegah aksi terorisme.
Situasi Suriah dan Yaman, menurut Al Turki menjadi sorotan dan perhatian penting bagi pemerintah Saudi. Kemarin, Pangeran Arab Saudi Mohammad Bin Nayef mengatakan berjanji bakal memastikan ibadah haji tahun ini bebas dari rasa takut akan teror yang disebabkan kondisi regional Timur Tengah. Isu teror dari ISIS menjadi fokus utama dari aksi pengamanan pemerintah Saudi.
“Semua persiapan telah dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan sepanjang musim ibadah haji,” katanya dikutip oleh pers Saudi. Dia juga memastikan keamanan dan kesejahteraan jemaah haji adalah prioritas tertinggi kerajaan.(CNN)

Berikan Komentar Anda.