Home Daerah Walikota Minta Penyaluran Rastra Dipercepat

Walikota Minta Penyaluran Rastra Dipercepat

503
0
SHARE

Kupang, Terasntt. com – Walikota Kupang meminta kepada dinas Sosial, Pihak Kecamatan maupun kelurahan di Kota Kupang, segera percepat penyaluran beras sejahtera (rastra) bagi rumah tangga penerima bantuan tersebut. Maksud dari penyaluran dipercepat untuk menekan angka inflasi di Kota Kupang.

Permintaan itu disampaikan Walikota Kupang pada saat Pelepasan perdana Bansos Rastra Kota Kupang tahun 2018, di Gudang Perum Bulog, Tenau Kupang, Jumat (19/01/2018).

Hadir dalam acara pelepasan perdana Bansos Rastra Kota Kupang tahun 2017, Kepala Perum Bulog Divisi Regional NTT, Efdal MS, Kepala Bank Indonesia (BI) Cabang Kupang, Naik Tigor Sinaga, Kadis Sosial Kota Kupang, Felisberto Amara, bersama sejumlah pimpinan SKPD, Camat dan Lurah.

Walikota mengaku, komiditi beras turut memberi andil terhadap inflasi yang terjadi selama bulan desember 2017, sehingga penyaluran rastra secepat mungkin dapat menekan inflasi. Selain itu maksud dari penyaluran rastra lebih cepat, agar bisa dimanfaatkan Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima Rastra di Kota Kupang.

“Saya akan mengeluarkan surat kepada camat dan lurah agar penyaluran bisa dipercepat,” Kata Walikota

Walikota mengaku, jumlah peneriam rastara di Kota Kupang pada tahun 2018 berjumlah 16740 RTS. Jumlah terbagi dalam kelompok yaitu penerima rastra yang didanai APBN sebanyak 13 740, dan penerima rastra yang didanai oleh APBD Kota Kupang sebanyak 3000 penerima.

Ia mengaku, khusus penerima Rastra yang didanai dari ABPD, pemerintah Kota Kupang mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 576 juta untuk pembelian rastra dan dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Divisi Regional NTT, Efdal MS dalam sambutanya mengatakan, untuk tahun 2018, penyaluran Rastra lebih dipercepat. Percepatan penyaluran Rastra sesuai instruksi dari Menteri Sosial, lewat Surat Kemensos No 44 tertanggal 15 Januari tentang penyaluran Rastra. Dalam surat itu juga diminta batas akhir penyaluran rasra untuk triwulan pertama sudah harus rampung pada 20 januari besok.

Ia mengaku, menindaklajut surat Mensos, pihak Bulog mempercepat penyaluran rastra, khususnya di NTT. (raf)

Berikan Komentar Anda.