Home Daerah Warga Diimbau Waspada Kebakaran Musim Kemarau

Warga Diimbau Waspada Kebakaran Musim Kemarau

56
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com- Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat mengimbau warganya untuk terus waspada akan kebakaran, khusus pada musim kemarau.

“Memasuki musim kemarau saat ini pontesi terjadi bencana kebakaran cukup tinggi, mulai dari kebakaran lahan maupun rumah,” kata Kepala Dinas Damkar Kota Kupang, Mesakh R. Bailaen kepada wartawan di Balai Kota Kupang, Senin (7/10).

Menurutnya, langka-langka yang perlu menjadi perhatian dimusim kemarau guna tidak menimbulkan masalah terjadinya bencana  kebakaran yang ditimbulkan akibat kelelaian adalah jangan meninggalkan sumber panas atau sumber api (kompor, lampu minyak tanah, setrika, dan peralatan lain yang berhubungan dengan panas) dibiarkan menyala tanpa pengawasan.

“Hal lain yakni jangan biarkan lampu menyala terus menerus dalam jangka waktu lama, jangan membiarkan anak-anak bermain dengan sumber api, baik itu korek api, lilin menyala, dan sebagainya,” katanya.

Selain itu, lanjutnya hindari menggunakan handphone yang sedang di-charge, apalagi di atas tempat tidur, hindari menggunakan stop kontak dengan ekstensi yang bertumpuk-tumpuk, dan hindarkan bahan yang mudah terbakar dari sumber api.

” Biasakan untuk matikan lampu, kompor, dan alat-alat listrik setelah selesai digunakan atau saat akan bepergian keluar rumah, jangan mengisi bahan bakar ke dalam perangkat yang sedang menyala. Matikanlah perangkat terlebih dahulu dan jangan mengisi bahan bakar sambil merokok atau di dekat sumber api,” tambahnya hindari merokok di sembarang tempat, khususnya di dekat bahan yang mudah terbakar, seperti di atas tempat tidur. Biasakan untuk mematikan puntung rokok sebelum membuangnya ke tempat sampah.

” Dan juga jangan membakar sampah di bawah terik matahari, apalagi di saat musim panas. Jika terpaksa harus membakar sampah, selalu pastikan terlebih dahulu bahwa area sekitarnya aman dan jauh dari bahan-bahan yang mudah terbakar,” imbaunya. (Yon)

Berikan Komentar Anda.