Home Daerah Warga Miskin Penerima Iuran Jaminan Kesehatan Diverifikasi Ulang

Warga Miskin Penerima Iuran Jaminan Kesehatan Diverifikasi Ulang

239
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melakukan verifikasi ulang warga miskin Penerima Bantuan Iuran (PBI) jaminan kesehatan (Jamkes).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Ari Wijana menjelaskan, Verifikasi ulang ini dilakukan untuk memastikan para penerima jaminan.

“karena takutnya, ada yang sudah meninggal ataupun pindah tempat namun namanya masih terdaftar sebagai penerima,” ujarnya.

Dijelaskan Ari, penerima jaminan dari iuran APBN sebanyak 93 ribu lebih. Sesuai data yang diberikan dari TNP2K Kementerian Sosial yang menetapkan orang miskin penerima PBI yang nantinya anggaranya dibayar oleh Kementerin kesehatan, dan kemudian melalui BPJS distribusikan kartunya kepada penerima.

“Proses pendistribusian ini dilapangan seperti apa kami tidak mengetahuinya,” katanya.

“Oleh karena itu, dalam integrasi orang miskin yang belum dapat PBI sesuai data TNP2K tersebut akan diverifikasi ulang untuk mengetahui apakah mereka semua sudah mendapatkan kartu atau belum” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan dilakukan verifikasi ini masyarakat juga bisa mengetahui sumber dana sebagai peserta BPJS.

“Melalui verifikasi ini, jika mereka sebagai peserta BPJS yang dibiayai oleh APBN tidak masalah, tapi yang belum sesuai data yang ada sisah 13 ribu sekian dapat dicover melalui APBD,” katanya.

Diakuinya, secara data 13 ribu ada pada pemerintah kota, tapi jumlah sesuai data TNP2K 93 ribu sekian ada di Kementerian Sosial dan BPJS.

“Untuk perlu disingkronkan data guna tidak terjadi pendobelan,” ujarnya. (raf)

Berikan Komentar Anda.