Home Daerah Waspada Penyakit Musim Penghujan

Waspada Penyakit Musim Penghujan

7
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com- Warga Kota Kupang di imbau untuk mewaspadai dampak penyakit dimusim penghujan.

“Masyarakat agar secara bersama mengantisipasi dampak penyakit Demam Berdarah dan Diare dalam musim penghujan ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr.Retnowati saat ditemuai di Kantor Dinas Kesehatan Kota Kupang, Selasa (3/12).

Ia meminta, selain itu warga juga dihimbau agar  bisa memperhatikan kebersihan makanan dan minumannya.

“Berkait kewaspadaan terhadap demam berdarah harus dimulai dari lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal, dengan perlu adanya keterlibatan seluruh warga dalam menjaga kebersihan melalui gerakan 3M Plus,” lanjutnya. Penyakit demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

Ia menambahkan, penyakit demam berdarah adalah penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan resiko kematian pasalnya sampai saat ini belum ditemukan obatnya, serta dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak, oleh karena warga agar terus menjaga kesehatan dan tak lupa dengan melakukan gerakan 3 M plus tersebut.

Sementara itu, Kepala bidang P2P Dinkes Kota Kupang, Sri Wahyuningsi  memgatakan, langka utama dalam mengantisipasi demam berdarah yang perlu dilakukan adalah gerakan 3M  yakni Menguras dan membersihkan tempat penampungan air yang ada di dalam  maupun diluar rumah agar telur dan jentik nyamuk dapat dibersihkan minimal  satu kali seminggu. Mendaur ulang atau memanfaatkan kembali barang-barang bekas seperti kaleng-kaleng bekas, ban-ban bekas, botol bekas menjadi barang-barang yang berguna.

Selanjutnya,  Menabur bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air yang ada di dalam maupun di luar rumah  jika sulit untuk dibersihkan secara rutin, serta membersihkan lingkungan tempat tinggal masing-masing secara rutin  melalui kerja bakti/gerakan jumat bersih. Kemudian perlu melipat pakaian yang tergantung di dalam kamar, karena bisa sebagai  tempat persembunyian nyamuk aedes aegypti.  (Yon)

Berikan Komentar Anda.