Home Ekbis Wilayah Barat Kota Kupang jadi Fokus Perluasan Layanan Air Bersih

Wilayah Barat Kota Kupang jadi Fokus Perluasan Layanan Air Bersih

581
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com – Pasca penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara PDAM Tirta Lontar Kabupaten Kupang dengan PDAM Tirta Bening Lontar Kota Kupang, untuk perluasan jaringan pelayanan air bersih bagi masyarakat.  PDAM Tirta Lontar akan fokus memperluas jaringan di wilayah Barat Kota Kupang, yang minim jaringan pelayanan air bersih.

Demikian kata Dirut PDAM Tirta Lontar, Johanis Oetemusu, kepada wartawan usai penandatangan PKS,  Kamis (21/12/2017).

Menurut Oetemusu, wilayah barat yang dimaksud sebagai wilayah perluasan jaringan adalah di Kelurahan Naioni, Manulai, Batuplat. Namosain, Kolhua, Fatukoa, Manulai II, Bakunase, Bakunase II, Airnona, Batuplat, Naikolan, Nunbaun Delha, Nunhila, Fatufeto.

Ia mengataka, untuk perluasan jaringan diwilayah barat Kota Kupang, pihaknya tengah menyiapkan sumber air tambahan lewat dua sumur bor tambahan di Kabupaten Kupang, serta Sumber air di Desa Nitneo dengan kapasitas produksi 14 liter perdetik, , dan salah satu sumber air di Desa Tuamenko, dengan kapasitas produksi 18 liter perdetik.

Menurutnya, dengan kapasitas produksi sebanyak itu, pihak PDAM bisa membuka jaringan pelanggan baru sebanyak 3 pelanggan. Untuk pasca penandatanganan kerjasama ini, kami sudah memulai aksi untuk membuka jaringan baru di Kota Kupang.

Ketika disinggung soal besaran tarif, Oetemusu, mengaku, antara kedua pihak PDAM sudah bersepakat kalau tarif akan mengikuti tarif PDAM Kabupaten Kupang, karena tarif PDAM Kabupaten lebih murah ketimbang tarif PDAM Kota Kupang.

“Tarif kami hanya sebesar Rp. 3700 permeter kubik, sementara tarif PDAM Kota Kupang, Rp. 4000. Besaran tarif PDAM kabupaten disesuaikan dengan upah minimum, yaitu 4 persen dari Upah minimum,” katanya. (raf)

Berikan Komentar Anda.